5 Makanan yang Efektif Mencegah Penuaan Pada Laki-Laki

 ​

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

MAKANAN MENCEGAH PENUAAN DINI PADA LAKI-LAKI – Wajah laki-laki berusia 40 tahun umumnya akan muncul kerutan. Ini lima makanan yang bisa mencegah penuaan pada laki-laki. 

Seiring bertambahnya usia, tubuh mulai berubah dan mengalami penurunan energi dan penurunan kinerja organ. 

Baca Juga: 6 Manfaat Jambu Merah yang Kaya Serat dan Air

Khususnya untuk laki-laki, saat berusia 40 tahun laju metabolisme akan mulai menurun dan ada kemungkinan berbagai penyakit mulai berkembang. 

Selain itu, wajah laki-laki usia 40 tahunan mulai muncul kerutan. 

Mengutip dari FOOD NDTV, pola makan berperan penting dalam mengatasi tanda-tanda penuaan dan memperlambat prosesnya sekaligus menjaga kesehatan. 

“Beberapa makanan yang kaya akan fitonutrien, lemak omega-3, likopen, vitamin C, dan lainnya harus ditambahkan dalam makanan harian Anda agar tetap awet muda.” kata Shilpa Arora, Ahli Gizi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik. 

Berikut makanan yang efektif mencegah penuaan dini pada laki-laki: 

1. Tomat 

Tomat kaya akan likopen yang membantu menjaga tubuh tetap awet muda dan sehat. 

Selain itu, tomat membantu memperkuat kulit dengan menghambat aktivitas kolagenase yakni enzim yang terlibat dalam pemecahan kolagen di kulit. 

Kandungan likopen dalam tomat juga bermanfaat melindungi tubuh dari efek racun berbahaya. 

2. Minyak ikan 

Minyak ikan atau ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu fungsi sel-sel tubuh yang sehat dan melawan peradangan. 

Selain itu, ikan dan minyak ikan memiliki protein berkualitas tinggi yang memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi garis-garis halus. 

Kandungan pada ikan tersebut juga bermanfaat menurunkan kadar gula darag yang menjadi salah satu penyebab utama penuaan. 

3. Kacang 

Kacang mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan agar tubuh tetap awet muda. 

Beberapa contoh jenis kacang yang baik untuk mencegah penuaan adalah kacang mete, almond, dan kenari. 

4. Buah beri 

Buah beri seperti stroberi, blackberry, dan blueberry merupakan sumber kaya antioksidan penting termasuk flavonoid yang mengandung sifat anti penuaan. 

Buah beri juga mengandung vitamin C yang membantu memperkuat kolagen sehingga meminimalkan kerutan dan perubahan warna kulit. 

5. Ginseng 

Ginseng memiliki sifat anti penuaan dan mengandung zat yang membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh yang selanjutnya menstimulasi dan mengaktifkan metabolisme kulit. 

Fito nutrien dalam gingseng juga membantu membuat kulit lebih kencang, menghilangkan garis-garis halus, dan kerutan pada wajah, serta bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: 10 Makanan yang Harus Dijauhi Mereka yang Berusia 40 Tahun ke Atas, Wajib Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Updated: Januari 3, 2024 — 10:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *