7 Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan

 ​

Suara.com – Mandi wajib dianjurkan untuk menyucikan diri, terlebih apabila hendak mengerjakan ibadah, termasuk ibadah puasa saat bulan Ramadan.

Dalam Islam, mandi wajib dianggap sebagai wajib setelah laki-laki dan perempuan bersetubuh, hingga kedua kelaminnya saling bersentuhan.

Dengan membersihkan diri dengan mandi wajib, Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit dan mensucikan diri ketika beribadah.

Mandi wajib sebelum puasa tidak termasuk hal wajib dalam Islam. Tidak ada rukun atau syarat yang memerlukan mandi wajib sebelum puasa di bulan Ramadan.

Baca Juga:

Podcast Terbaru Ahok Disebut Bisa Bikin Anak Abah Menyala, Pro Anies: Beda Kelas…

Bakal Bertarung di Pilgub DKI 2024, Sahroni ke Ahok: Gua Kaya dari Minyak Pertamina

Attitude Adam Alis Jadi Sorotan, Netizen Anggap Shin Tae-yong Layak Coret Sang Pemain dari TImnas Indonesia

Mandi wajib atau keramas sebelum menjalankan ibada puasa dianjurkan dalam Islam, tetapi ada perbedaan pandangan ulama terkait hal itu.

Mandi wajib dilakukan dengan cara membasuh seluruh tubuh, mulai dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki menggunakan air.

Jika Anda memilih untuk melakukan mandi wajib sebelum puasa, Anda dapat mengikuti tata cara berikut:

Tata cara mandi wajib sebelum puasa

Mandi wajib sebelum puasa adalah sebuah anjuran yang menyebutkan untuk mandi sebelum memulai puasa. Berikut adalah 7 tata cara mandi wajib sebelum puasa:

1. Membaca niat mandi wajib sebelum memasuki kamar mandi. 2. Basuh tangan kanan dan kiri sebanyak tiga kali. 3. Bersihkan dubur, kemaluan, dan kotoran lainnya. 4. Berwudhu (membasuh wajah dan bagian tubuh yang tidak boleh basuh). 5. Membaca Basmalah (doa yang dianjurkan sebelum melakukan mandi). 6. Berkumur dan menghisap air ke mulut sebelum mandi. 7. Mandi dengan cara membasuh seluruh tubuh, mulai dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki, dengan menggunakan air.

Mandi wajib ini dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan tubuh dan mempersiapkan diri untuk memulai puasa.

 

Updated: Maret 9, 2024 — 5:12 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *