Antisipasi Aksi Pendukung yang Ganggu Jalannya Debat, KPU Bakal Berikan HT kepada Masing-masing LO

 ​

Suara.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memberikan handy talky (HT) kepada Liaison Officer (LO) masing-masing tim pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk menertibkan para pendukung saat debat keempat Pilpres 2024.

Anggota KPU August Mellaz menjelaskan bahwa handy talkie tersebut akan menjadi alat komunikasi antara LO dengan KPU untuk menjaga ketertiban para pendukung.

“Kalau tadi disepakati alat komunikasi misalnya pakai handy talkie ya, nah itu akan kita optimalkan di situ kalau liat pengalaman pelaksanaan debat ketiga,” kata August di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Lebih lanjut, dia menjelaskan akan ada dua orang LO dari masing-masing tim pasangan calon (paslon) yang memegang handy talkie. Dengan begitu, akan ada enam orang yang diberikan handy talkie.

Mengenai posisi duduk LO, August mengatakan bahwa satu LO dari masing-masing tim paslon akan berada di dekat para pendukung yang berjumlah 35 orang per paslon. Para pendukung tersebut akan ditempatkan di depan para capres dan cawapres.

Selain itu, LO lainnya akan berada di dekat pendukung berjumlah 40 orang tiap paslon yang berada di depan para capres-cawapres.

“Nanti yang pegang itu masing-masing tim paslon kan ada dua LO yang kami anggap super LO yang full akses, itu yang akan pegang. Jadi, enam dari mereka kemudian sama tim kami, dan kemudian tentu dari media penyelenggara sehingga nanti secara realtime kalau ada kendala bisa langsung kita antisipasi,” tutur August.

Sebelumnya, beredar video yang menunjukkan beberapa aksi pendukung capres-cawapres yang dinilai tidak mematuhi tata tertib dan mengganggu jalannya debat.

Salah satunya, beredar video seorang perempuan bersorak saat Anies berbicara dalam debat ketiga Pilpres 2024. Dia berteriak, “Anies bacot!”

Tak lama kemudian, ada seorang petugas yang menghampirinya untuk menegur. Namun, perempuan tersebut justru mengaku diundang oleh Hasyim.

“Siapa yang negur? Yang lain juga berisik kan,” kata perempuan yang tak diketahui identitasnya itu.

“Oke, oke, oke, saya undangan Pak Hasyim loh,” lanjut dia.

Selain itu, para pendukung capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo juga sempat mendapatkan kritik karena mengacungkan tiga jari di hadapan para capres yang sedang menjalani debat.

Aksi ini bahkan membuat Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie mendatangi meja moderator bersama Isyana Bagoes Oka untuk protes.

Sekadar informasi, KPU mengungkapkan bahwa debat keempat Pilpres 2024 atau debat kedua bagi cawapres akan dilakukan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu 21 Januari.

 

Updated: Januari 15, 2024 — 7:25 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *