Bagaimana Cara Menjadi Penjual di Shopee?

 ​

Saat ini, cara menjadi penjual di shopee semakin banyak yang tertarik untuk menjual produk secara online di Shopee. Salah satu alasan utamanya adalah karena penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa toko fisik atau membeli perabotan untuk memajang barang.

Selain itu, proses untuk membuka toko di Shopee juga sangat mudah dilakukan. Namun, sebagai penjual, sangat penting untuk memahami sistem poin pinalti di Shopee agar dapat menjual produk secara aman.

Poin pinalti akan diberikan jika penjual tidak memenuhi standar minimum yang diharapkan oleh pembeli. Hal ini dilakukan untuk memberikan peringatan pada penjual agar meningkatkan kualitas produk dan pelayanan.

Sumber Gambar Youtube

Oleh karena itu, sebelum memulai berjualan di Shopee, penting untuk memahami cara jualan dan cara menjual barang di platform tersebut.

Kenapa Harus Jualan di Shopee?

Sebelum memulai berjualan online di Shopee, penting untuk mengetahui beberapa alasan mengapa Shopee layak dipertimbangkan sebagai platform berjualan online, yaitu:

Modal yang dibutuhkan untuk memulai berjualan di Shopee sangat terjangkau, bahkan hanya menggunakan smartphone. Hal ini sangat praktis dan cocok untuk mahasiswa atau ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis.
Shopee memiliki banyak konsumen dan terus berkembang pesat, sehingga memungkinkan penjual untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.
Shopee sudah terintegrasi dengan jasa pengiriman paket, sehingga memudahkan penjual dalam proses pengiriman barang.
Shopee juga sering menawarkan promo menarik yang dapat menarik lebih banyak konsumen.

Tentunya, masih banyak alasan lainnya mengapa Shopee merupakan platform berjualan online yang layak dipertimbangkan, seperti kemudahan dalam mengelola toko online, keamanan transaksi yang terjamin, serta berbagai fitur unggulan yang dapat membantu meningkatkan penjualan.

Sehingga, Shopee merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memulai bisnis online dengan cepat dan mudah.

Cara menjadi penjual di shopee

Untuk memulai berjualan di Shopee, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Berikut ini adalah panduan langkah-langkahnya:

Membuat Akun Shopee Baru

Sebelum Anda memulai berjualan di Shopee, yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat akun di aplikasi Shopee. Dengan memiliki akun di Shopee, Anda bisa melakukan aktivitas jual beli.

Untuk membuat akun baru di Shopee, Anda harus mempunyai alamat email dan nomor ponsel yang aktif. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan ikuti proses verifikasi yang akan dikirimkan melalui email atau SMS.

Setelah akun terdaftar, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya untuk memulai berjualan di Shopee.

Membuka Toko di Shopee

Setelah berhasil membuat akun di Shopee, langkah selanjutnya adalah membuka toko di platform tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Akses situs Shopee melalui peramban dan klik tombol “Jual” yang terletak di pojok kiri atas halaman.
Isi profil toko Anda, termasuk nama, deskripsi, foto profil, dan banner.
Selanjutnya, atur alamat toko dan pilih jasa pengiriman yang akan digunakan. Pastikan juga untuk menambahkan rekening bank agar dapat mencairkan penghasilan dari penjualan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, toko Anda sudah siap berjualan di Shopee. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan produk yang ingin dijual dan menentukan harga serta ketersediaannya.

Mengunggah Produk yang Akan di Jual

Setelah menyiapkan toko di Shopee, langkah selanjutnya adalah mengunggah produk yang akan dijual. Untuk membuat produk Anda menarik perhatian calon pembeli, pastikan gambar produk memiliki kualitas yang baik dan jelas.

Anda juga perlu mengisi detail produk seperti nama, jenis, deskripsi, ukuran, dan merek.

Shopee akan memeriksa produk Anda dalam waktu 1 hari kerja untuk memastikan produk Anda memenuhi standar.

Untuk meningkatkan peluang produk Anda untuk laku dijual, pastikan untuk menawarkan harga yang bersaing dan menarik bagi pembeli serta memperbarui stok produk secara teratur.

Selain itu, gunakan fitur-fitur Shopee seperti promo dan diskon untuk menarik minat pembeli.

Promosikan Produk yang di Jual

Jika proses verifikasi produk Anda telah selesai dilakukan oleh Shopee, maka produk Anda akan muncul di etalase toko. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi untuk menarik minat calon pembeli. Promosi ini bertujuan agar produk Anda menjadi lebih dikenal oleh calon pembeli.

Shopee juga memberikan kesempatan bagi penjual mempromosikan produknya setiap 4 jam dengan menaikkan produknya. Selain itu, Anda juga bisa membagikan tautan toko dan produk melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan.

Pastikan Anda menarik minat calon pembeli dengan informasi produk yang jelas dan menarik, serta harga yang kompetitif. Dengan promosi yang tepat, penjualan toko Anda di Shopee dapat meningkat dengan signifikan.

Strategi Jualan Online di Shopee bagi Pemula

Untuk meningkatkan penjualan di Shopee, selain mempromosikan produk, Anda juga perlu menerapkan strategi berikut:

Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Fitur gratis ongkir di Shopee adalah salah satu daya tarik yang sangat menarik bagi calon pembeli. Shopee menawarkan gratis ongkir dengan minimal pembelian mulai dari 0, Rp 30.000, Rp 90.000, dan Rp 200.000.

Agar produk Anda lebih diminati, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur gratis ongkir. Syarat untuk mengaktifkannya hanyalah dengan mengunggah foto KTP dan foto selfie memegang KTP.

Jika pembeli menggunakan voucher gratis ongkir, Anda tidak perlu membayar biaya pengiriman kepada jasa ekspedisi. Memanfaatkan fitur ini dapat membantu meningkatkan daya tarik produk Anda di Shopee dan meningkatkan penjualan.

Perbanyak Produk Sebanyak Mungkin

Untuk meningkatkan penjualan di Shopee, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak jumlah produk yang dijual di toko Anda.

Semakin banyak produk yang ditawarkan, semakin besar peluang mendapatkan pembeli. Jika jumlah produk yang tersedia di toko kurang dari lima, akan sulit untuk menarik perhatian calon pembeli.

Tidak perlu khawatir mengunggah produk satu per satu, karena Shopee telah menyediakan fitur untuk mengunggah secara massal. Dengan begitu, waktu dan tenaga yang diperlukan untuk mengelola toko bisa lebih efisien.

Perbanyak Jumlah Follower Toko

Shopee menyediakan fitur pengikut dan diikuti seperti halnya di Instagram dan Twitter. Hal ini sangat berpengaruh pada performa penjualan toko.

Semakin banyak pengikut, semakin besar kemungkinan produk Anda akan laku. Oleh karena itu, sebaiknya fokus pada peningkatan jumlah pengikut pada tahap awal pembentukan toko.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan jumlah pengikut dengan mempromosikan toko dan produk melalui media sosial lainnya. Jangan lupa untuk mempertahankan interaksi dengan pengikut Anda, seperti dengan memberikan penawaran khusus atau promo.

Ikuti Program Khusus dari Shopee

Dalam berjualan di Shopee, program Flash Sale dapat menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Program ini adalah penjualan produk dengan harga diskon yang dilakukan dalam waktu singkat.

Program Flash Sale dapat diakses oleh semua pengguna Shopee, sehingga mengikuti program ini bisa meningkatkan visibilitas toko Anda dan menarik perhatian calon pembeli.

Pastikan untuk menyesuaikan diskon dengan harga pasaran yang berlaku agar produk Anda terlihat lebih menarik dan kompetitif. Sebagai penjual, Anda dapat mengatur waktu dan durasi penjualan, serta menambahkan batas jumlah produk yang bisa dibeli oleh setiap pengguna.

Pilih Produk yang Banyak Dicari Pembeli

Berjualan di Shopee dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan jika Anda memiliki strategi yang tepat. Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah mencari dan memilih produk yang sedang banyak dicari oleh pembeli. Hal ini memungkinkan penjualan Anda naik secara pesat karena banyak orang yang mencari produk tersebut.

Anda juga bisa memenangkan persaingan dengan penjual lain yang memiliki produk serupa dengan menawarkan harga yang lebih rendah. Namun, harga yang lebih rendah tidak boleh mengorbankan kualitas produk yang Anda jual.

Rekap Hasil Penjualan

Meskipun menjual di Shopee dilakukan secara online, mencatat dan merekam penjualan juga sangat penting untuk dilakukan agar Anda dapat menganalisis hasil penjualan Anda dengan lebih mudah.

Dengan berjualan secara online, Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus keluar rumah. Hal ini memudahkan para penjual, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Namun, tetap perlu mengikuti beberapa strategi dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Shopee untuk meningkatkan penjualan.

 

Updated: Januari 25, 2024 — 3:54 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *