Cenderamata Astra, Karya Kolaborasi Buatan Dalam Negeri yang Bikin Bangga

 ​

Suara.com – PT Astra International Tbk, salah satu perusahaan nasional yang memiliki 283 anak usaha, antara lain bergerak di sektor otomotif, layanan pembiayaan, dan asuransi, memiliki Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia atau SATU Indonesia Awards.

Yaitu apresiasi yang diberikan kepada generasi muda berprestasi memajukan lingkungan serta sekitarnya.

Belum lama ini, Astra mengajak brand Semilir, milik Alfira Oktaviani, penerima apresiasi 13th SATU Indonesia Awards Bidang Kewirausahaan Tahun 2022 untuk menghadirkan produk fesyen ramah lingkungan yang mengusung warisan budaya Indonesia serta memperhatikan dampak sosial, ekonomi dan lingkungan dari pihak-pihak yang terlibat di dalamnya sehingga dapat meninggalkan kerugian seminim mungkin.

Kolaborasi Cenderamata Astra dan Semilir itu melahirkan produk kerajinan yang memadukan warisan budaya Indonesia. Setiap motifnya menorehkan cerita serta warna-warni yang menyimpan makna, dan produk yang dihasilkan menggunakan bahan alami atau serat natural yang berasal dari alam dengan melibatkan ibu-ibu warga sekitar sebagai pengrajin produk ramah lingkungan ini.

“Tidak hanya berdampak baik bagi lingkungan, kolaborasi ini mengedepankan nilai-nilai kesejahteraan sosial ekonomi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya melalui kegiatan pemberdayaan yang sejalan dengan Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia, yang merupakan langkah nyata Grup Astra untuk turut berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia,” jelas Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra.

Pouch Cenderamata Astra dan Semillir yang terbuat dari perpaduan kulit sapi dan kulit kayu lantung [Astra]

“Bangga sekali. Kolaborasi ini menjadi penerus perjuangan kami dalam upaya mengenalkan produk fesyen yang berkelanjutan di Indonesia,” sambut ALfira Oktaviani, penerima Apresiasi 13th SATU Indonesia Awards 2022.

Semangat Astra dalam berkolaborasi dengan anak bangsa serta mendukung terciptanya produk kerajinan warisan budaya berkonsep ramah lingkungan untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Jaket bomber dan kimono batik indigo menjadi produk sandang hasil kolaborasi Cenderamata Astra dan Semilir yang dibuat dari tangan-tangan terampil para ibu pengrajin produk ramah lingkungan ini.

Setiap potongan pakaian dan aksesori dirancang dengan sentuhan modern berbahan alami yang mendukung kehidupan berkelanjutan dan dihiasi dengan warna biru alami hasil panen petani tanaman indigofera.

Pewarna alam indigo itu diproses secara manual dengan bejana fermentasi selama 48 jam untuk menghasilkan warna biru indigo yang diaplikasikan pada jaket bomber dan kimono batik indigo produk Cenderamata Astra dan Semilir.

Produk lainnya yaitu card holder dan pouch perpaduan kulit sapi dan kulit kayu lantung. Kulit kayu lantung berasal dari pohon sejenis sukun-sukunan yang bergetah dan menjadi bagian dari sejarah masyarakat Bengkulu karena digunakan sebagai pengganti tekstil pada masa penjajahan Jepang.

Pada 2015, kulit kayu lantung ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia.

Dalam produk ini, Semilir memberikan inovasi pada warna kulit kayu Lantung menggunakan pewarna alam indigo sehingga memberikan harmonisasi alam yang menambah keelokan rupa kulit kayu lantung yang selaras dengan warna biru pada logo Astra.

Produk kolaborasi Cenderamata Astra dan Semilir bisa didapatkan di toko Cenderamata Astra lantai 3 Menara Astra, Jakarta atau kunjungi akun Instagram Cenderamata Astra @cenderamata.astra.

 

Updated: Maret 8, 2024 — 4:57 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *