Daftar 32 Kontestan Piala Thomas-Uber 2024: Perjuangan Tim Putra-Putri Indonesia

 ​

loading…

Daftar 32 Kontestan Piala Thomas-Uber 2024: Perjuangan Tim Putra-Putri Indonesia. Foto: BWF

Piala Thomas-Uber 2024 akan berlangsung pada 28 April hingga 5 Mei mendatang di Chengdu, China. Total 32 negara peserta yang akan tampil di turnamen bulutangkis beregu putra dan putri paling bergengsi di dunia itu pun sudah diketahui setelah kejuaraan-kejuaraan beregu di setiap kontinen, yang menjadi babak kualifikasinya, selesai digelar pekan lalu.

China sebagai tuan rumah otomatis akan tampil di Piala Thomas-Uber 2024. Sementara India (Piala Thomas) dan Korea Selatan (Piala Uber) juga memastikan diri ikut berpartisipasi karena berstatus sebagai juara bertahan.

Kemudian, terdapat empat jatah slot yang diberikan untuk wakil dari Asia dan Eropa masing-masing di Piala Thomas dan Uber. Untuk kontinen Asia diwakili India, Indonesia, Jepang dan Thailand di Piala Uber 2024 setelah mereka lolos ke semifinal Badminton Asia Team Championships (BATC) 2024.

Sementara itu, tim beregu putra Korea Selatan, Malaysia dan India juga lolos ke Piala Thomas 2024 setelah melangkah ke semifinal BATC 2024. Lalu, karena sang tuan rumah China juga melaju ke semifinal, maka jatah untuk melengkapi kuota kontinen Asia diberikan kepada tim yang memiliki ranking tertinggi yang belum lolos ke semifinal, yang mana tim itu adalah Indonesia.

Lanjut ke kontinen Eropa, ada tim beregu putri Spanyol, Denmark, Skotlandia dan Prancis yang lolos ke Piala Uber 2024. Sementara itu di Piala Thomas 2024, benua biru diwakili tim beregu putra Denmark, Inggris, Prancis dan Jerman.

Sedangkan wakil Oseania di Piala Thomas-Uber 2024 adalah Australia. Begitu pula dengan tim beregu putra dan putri Kanada yang menjadi satu-satunya utusan kontinen Pan America.

Lalu, untuk kontinen Afrika, ada Aljazair yang mentas di Piala Thomas 2024. Sedangkan tim beregu putri Afrika Selatan mewakili Benua Hitam di Piala Uber 2024.

Selain tim-tim tersebut, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) juga memberikan tiga kuota untuk melengkapi 16 peserta Piala Thomas-Uber 2024 berdasarkan ranking tiap negara yang belum lolos.

Untuk Piala Thomas, tiga negara dengan ranking terbaik yaitu Taiwan, Thailand dan Hong Kong. Sementara untuk melengkapi Piala Uber, tiga tim yang memiliki ranking terbaik yaitu Taiwan, Amerika Serikat dan Malaysia.

 

Updated: Februari 20, 2024 — 7:02 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *