Jorok ! Ribuan Kubik Sampah Menumpuk di Sungai Bosnia

 ​

REUTERS/Amel Emric – detikNews

Selasa, 09 Jan 2024 16:00 WIB

Bosnia – Sekitar 5.000 meter kubik berbagai jenis sampah menumpuk di aliran Sungai Bosnia. Hal ini memicu kekhawatiran akan dampak kesehatan dan ekonomi warga sekitar.



Aktivis lingkungan Robert Oroz melihat tempat pembuangan sampah terapung di ngarai sungai Drina, dekat kota Visegrad, Bosnia dan Herzegovina 5 Januari 2024.



Tempat pembuangan sampah besar yang terapung di ngarai sungai Drina adalah pemandangan pertama bagi pengunjung yang memasuki kota Visegrad di timur Bosnia, merusak kesan positif terhadap kota bersejarah tersebut dan meningkatkan kekhawatiran akan dampaknya terhadap kesehatan dan perekonomian masyarakat.  



Sungai Drina mengalir melalui Montenegro, Serbia, dan Bosnia, namun sebagian besar sampah telah terakumulasi di aliran Bosnia setelah pembangkit listrik tenaga air Visegrad mulai memagari sampah yang mengapung untuk mencegahnya memenuhi bendungannya sekitar 20 tahun yang lalu.  



Dejan Furtula dari kelompok lingkungan hidup Eko Centar Visegrad mengatakan terdapat sekitar 5.000 meter kubik berbagai jenis sampah, dan situasi seperti ini berulang setiap tahun. Pemilik dan karyawan hotel dan restoran di Visegrad juga mengeluhkan pembuangan sampah terapung yang merugikan pariwisata.  



Danko Maljukan, seorang pekerja perhotelan, mengatakan sampah adalah gambaran pertama yang dilihat wisatawan memasuki negara tersebut.  

 

Updated: Januari 9, 2024 — 9:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *