KBRI Tokyo: Tidak Ada WNI Terdampak Tabrakan Pesawat di Haneda

 ​

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memastikan tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdampak insiden tabrakan pesawat antara Japan Airlines (JAL 516 Airbus A350) dan Pesawat Japan Coast Guard (JCG) di Bandara Haneda, pada Selasa (2/1).

Kepastian itu didapat setelah KBRI Tokyo berkoordinasi dengan maskapai JAL, otoritas Bandara Haneda dan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) Jepang.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengungkapkan pihaknya juga telah mendapatkan informasi tidak ada WNI yang terhambat penerbangan di Bandara Haneda.

Baca juga: Tsubasa Merasa Hidupnya Hampir Tamat di Bandara Haneda

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat AirBus A350 dari penerbangan JAL yang berangkat dari New Chitose Sapporo terbakar tidak lama setelah mendarat di Bandara Haneda. Sebelum terbakar, pesawat bertabrakan dengan pesawat JCG.

Sebanyak 367 penumpang dan 12 awak JAL berhasil dievakuasi sebelum pesawat terbakar hebat. Sementara, liwa awak pesawat JCG meninggal dunia.

Baca juga: Ternyata, Japanes Airlines dan Pesawat Penjaga Pantai Serentak Diberi Lampu Hijau

DEWAN Keselamatan Transportasi Jepang mulai menyelidiki insiden maut tersebut. Hingga saat ini, informasi yang beredar masih belum dapat dipastikan. Pihak menara pengawas mengklaim telah menginstruksikan pesawat penjaga pantai untuk tidak mendekati landasan pacu. Sementara, Seorang pejabat penjaga pantai yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan pilotnya, Genki Miyamoto, sudah mendapat izin untuk lepas landas. (Ant/Z-11)

 

Updated: Januari 4, 2024 — 1:52 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *