Prabowo Potong Pembicaraan Anies saat Debat, TKN: Mungkin Spontanitas

 ​Jakarta

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyebut Prabowo yang memotong pembicaraan Anies Baswedan dalam debat karena spontanitas. Dirinya juga menyerahkan hal tersebut kepada KPU jika dianggap sebuah pelanggaran.

“Ya memotong-motong mungkin spontanitas, kami serahkan sepenuhnya kepada KPU,” ujar Nusron dalam konferensi pers usai debat di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Nusron menjelaskan jika dianggap melanggar, seharusnya dihentikan oleh moderator. Namun nyatanya, moderator tidak menghentikan hal tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dan saya kira kalau memang dianggap langgar oleh KPU, tentunya moderator yang memotong atau kasih ini. Ternyata moderatornya tidak ya, berarti tidak melanggar daripada KPU dan tidak menganggu daripada durasi yang dikasihkan oleh Anies,” sebutnya.

Terkait ucapan Prabowo yang menyebut Anies ‘omon-omon’, dirinya membiarkan warganet yang menilai. Nusron menilai apa yang disampaikan Prabowo sebatas karena dirinya mencintai rakyat.

“Saya kira itu soal omon-omon, biarkan netizen yang mengalir, kami tidak melontarkan gagasan secara rencana tapi itu malah memang terjadi karena apa yang disampaikan oleh prabowo karena dicintai rakyat dan disambut dengan rakyat,” tuturnya.

“Kami patut bersyukur karena debat ketiga berjalan dengan baik dan lancar dan tak ada insiden apa-apa,” tambahnya.

Sebelumnya, Calon presiden nomor 1, Anies Baswedan, mengklarifikasi pernyataannya soal luas lahan Calon presiden nomor 2, Prabowo Subianto. Prabowo langsung menyela dan menyebut data yang disampaikan Anies itu salah.

Momen itu terjadi saat Anies mendapat giliran pertama di sesi kedua Debat Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). Sebelum menjawab pertanyaan, Anies terlebih dahulu mengklarifikasi data luas lahan yang disinggung di sesi pertama debat capres.

“Sebelum saya menjawab pertanyaan itu, saya mengklarifikasi tadi data yang meleset. Maaf Pak Prabowo, angkanya terlalu kecil, bukan 320 hektare tapi 340 ribu hektare, saya klarifikasi,” kata Anies.

Prabowo langsung menginterupsi pernyataan Anies. Prabowo menyebut data yang disampaikan Anies itu salah.

“Itu pun salah, itu pun salah, Mas Anies jangan (kutip) data yang salah,” kata Prabowo.

Prabowo merespons pernyataan Anies itu dengan memegang pinggang sambil menyorongkan mulutnya.

(ial/dek)

Ulasan Debat Pilpres 2024

Temukan analisa debat capres-cawapres pilihanmu hanya di detikpemilu!

Lihat

 

Updated: Januari 7, 2024 — 7:33 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *