Sambutan Pemimpin Dunia Usai Prabowo-Gibran Unggul Quick Count

 ​Jakarta

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul dalam pemilihan presiden 2024. Suara itu didapat dari sejumlah hitung cepat atau quick count lembaga survei.

Suara Prabowo-Gibran telah menyentuh angka di atas 50%. Sejumlah lembaga survei pun telah memberikan kesimpulan Pilpres 2024 berakhir satu putaran dengan kemenangan Prabowo-Gibran.

Sejumlah pemimpin dunia juga telah merespons hasil hitung cepat Pilpres 2024. Beberapa kepala negara mengucapkan selamat atas keunggulan Prabowo dalam hitung cepat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PM Singapura Telpon Jokowi soal Hasil Hitung Cepat Pilpres

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong memberikan selamat kepada Menteri Pertahanan RI yang juga capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang unggul dalam quick count Pilpres 2024. PM Lee juga sudah menelepon Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mengutip channelnewsasia, Kamis (15/2/2024), Sekretaris Pers kantor PM Lee, Chang Li Lin, saat merespons wartawan, menyebut Lee dan Prabowo membahas ‘hubungan bilateral yang baik’. Kedua tokoh tersebut juga ‘sepakat mengenai pentingnya mengidentifikasi bidang kerja sama baru dan saling menguntungkan’.

Chang menyebut PM Lee juga menelepon Presiden Jokowi untuk memberikan selamat atas ‘kelancaran dan keberhasilan’ pemilu Indonesia.

“Selama menjabat, PM Lee dan Presiden Jokowi memperkuat hubungan erat antara Indonesia dan Singapura melalui penyelesaian masalah bilateral yang telah berlangsung lama, dan memetakan bidang kerja sama baru di bidang keberlanjutan ekonomi digital dan pengembangan sumber daya manusia,” kata Chang.

PM Australia Gercep Telpon Prabowo

Perdana Menteri atau PM Australia Anthony Albanese mengucapkan selamat kepada Indonesia, yang dinilainya berhasil menggelar Pemilu 2024. Anthony juga mengaku menjadi yang pertama menghubungi capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, yang dinyatakan unggul di quick count dan real count sementara KPU.

“Sebagai sesama negara demokrasi dan sahabat dekat, Australia menyampaikan ucapan selamatnya kepada Indonesia karena telah berhasil menggelar pemilihan presiden pada 14 Februari,” kata Anthony di akun Twitter (X) resminya, Kamis (15/2/2024).

Anthony merasa terhormat dapat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara langsung dengan Prabowo. Dia menghubungi Prabowo untuk membicarakan ambisinya tentang hubungan masa depan Australia dan Indonesia.

“Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara dengan Prabowo hari ini, yang jelas unggul dalam penghitungan resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia,” kata Anthony.

Anthony juga menantikan bekerja sama dengan presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024,” katanya.

PM Ceko Sebut Prabowo Telah Menangi Pilpres

Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala, menyampaikan ucapan selamat untuk Prabowo Subianto yang berlaga di Pilpres 2024. Dia menyebut Prabowo sudah memenangi Pilpres 2024.

“Selamat untuk Yang Terhormat Prabowo Subianto atas kemenangan di Pilpres Indonesia 2024,” cuit Petr Fiala lewat akun X resminya, @P_Fiala, tertanggal 14 Februari 2024, diakses detikcom pada Kamis (15/2/2024).

Meski KPU belum menyampaikan hasil final perhitungan resminya atas Pilpres 2024, hasil hitung cepat (quick count) dari pelbagai lembaga survei sudah menunjukkan keunggulan raupan suara untuk Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming.

Petr Fiala mengingat momen saat dia bertemu Prabowo pada beberapa waktu lalu. Dia berharap suksesi kepresidenan di Indonesia nanti berjalan lancar. Dia siap bekerja sama dengan Prabowo yang nanti diprediksinya bakal menjadi Presiden ke-8 RI.

“Mengingat kunjungan saya ke negara indah Anda kurang dari setahun yang lalu, izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara,” tulis Petr Fiala.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Cek Quick Count Pilpres Pileg 2024

Data tersedia dari 6 lembaga survey, hanya di detikpemilu.com

Lihat

 

Updated: Februari 15, 2024 — 11:29 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *